Pantai Klayar, Indahnya Pemandangan Laut di Pacitan

Pacitan – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak tempat destinasi wisata yang kerap kali dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan yang berasal dari mancanegara. Banyak sekali tempat yang dapat dijadikan sebagai lokasi wisata yang ada di Indonesia seperti dataran tinggi, danau, pegunungan, pantai dan lain sebagainya. Tidak terkecuali pantai, setiap daerah memiliki kenampakan yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Pacitan merupakan salah satu daerah yang dikenal memiliki banyak pantai yang eksotis dan memiliki pemandangan yang indah.

Salah satu pantai yang terkenal di Pacitan adalah Pantai Klayar yang memiliki pemandangan indah yang mampu membuat decak kagum bagi siapapun yang melihatnya. Pantai Klayar sendiri terletak di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang terletak di sebelah barat Kabupaten Pacitan. Pantai Klayar ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu fenomena dimana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Pemandangan indah ini diakibatkan oleh semburan kencang ombak laut yang menerjang bebatuan melalui celah yang ada sehingga dapat menimbulkan air mancur.

Pantai Klayar memiliki air laut yang sangat bersih dan jernih, pantai pasir putih yang indah ini banyak dihiasi batu karang dengan bentuk yang unik dan bukit-bukit indah yang menjulang tinggi di bibir pantai. Dengan segala keindahannya, Pantai Klayar dapat memanjakan setiap mata yang melihatnya. Bukit-bukit yang terdapat di pinggir pantai tersebut juga dapat didaki oleh para wisatawan sehingga para wisatawan dapat melihat keindahan Pantai Klayar dari ketinggian di atas bukit. Pantai ini memiliki air laut yang jernih dan ombak yang sangat besar, sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai.

20161220_071931Akses menuju Pantai Klayar masih terbilang belum baik saat belum banyak diketahui oleh wisatawan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya aspal yang berlubang, masih ada jalan yang belum teraspal dan masih tertutupi oleh tanah. Namun sekarang sudah dilakukan proses pembangunan jalan menuju ke Pantai Klayar, sehingga jalan menuju ke Pantai Klayar sudah ada perbaikan untuk memudahkan para wisatawan dalam perjalanan menuju ke pantai tersebut. Selain itu, sepanjang perjalanan kita juga dapat melihat deretan bukit-bukit kecil dan tebing-tebing karst yang berada di pinggir jalan.

 

Menurut Prasetyo Sitowin salah satu pengunjung, Pantai Klayar memiliki pemandangan yang bagus dan terasa seperti milik pribadi.

”Kesan pertama, ini pantai (Klayar) seperti milik pribadi. Tempatnya sepi mungkin efek kita datang terlalu pagi. Selain itu pemandangan di pantainya sangat bagus dengan perpaduan antara pasir putih yang lembut dengan batu-batu karang. Untuk ombaknya gak kalah sama pantai-pantai lain di Indonesia. Di sisi lain ada beberapa kekurangan yaitu masih ada masyarakat yang belum sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan dimana ada beberapa sampah yang berserakan.” jelas Prasetyo.

Teks & Foto: Finky Ariandi

Editor: Audita Widya Pinasthika

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *