Mempelajari Ranah Sosial Politik Lewat Pemilihan RW di Kelurahan Rowosari

Semarang – Salah satu Rukun Warga (RW) yang berada di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang yaitu RW 02 Krajan telah melaksanakan pemilihan untuk menentukan pemimpin barunya. Pemilihan tersebut bertujuan untuk mencari ketua RW baru pada periode 2017-2020. Dalam pemilihan yang dilaksanakan pada hari Minggu (19/3), terdapat lima kandidat untuk menjadi ketua RW 02 Krajan, Kelurahan Rowosari.

Berdasarkan press release dari BEM FISIP Undip, pemilihan umum ketua RW 02 dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB untuk pemungutan suara dan dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB untuk penghitungan suara. Tempat pemungutan suara (TPS) terbagi menjadi tiga tempat, dimana setiap TPS diperuntukan bagi dua Rukun Tetangga (RT). Untuk meningkatkan partisipasi warga dalam melakukan pemilihan ketua RW tersebut, panitia menyiapkan beberapa doorprize, seperti sembako, peralatan rumah tangga, hingga barang-barang elektronik. Cara tersebut terbilang sukses untuk menarik warga dalam pemilihan yang berlangsung karena tingkat partisipasi warga mencapai lebih dari 75% warga. Tolhak yang sebelumnya menjabat sebagai ketua RW, kini terpilih kembali untuk mengemban jabatan tersebut berdasarkan hasil dari pemilihan.

1490151985884

Menurut Tasya Nadia selaku penanggung jawab dari pihak mahasiswa FISIP Undip, mengatakan bahwa BEM FISIP dan mahasiswa FISIP sendiri ikut membantu dalam melaksanakan kegiatan pemilihan ketua RW 02 Krajan  sebagai wadah untuk mengaplikasikan ilmu mahasiswa FISIP yang notabene mempelajari ilmu sosial dan politik, sehingga dapat menyalurkan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa dan membantu kegiatan pemilihan ketua RW tersebut. Mahasiswa FISIP sendiri bertindak sebagai volunteer yang melakukan pemantauan dan membantu melaksanakan teknis dalam pemilihan tersebut.

“Kelurahan Rowosari yang juga merupakan desa mitra yang dimiliki FISIP, menjadikan FISIP memiliki kontribusi dalam kegiatan (pemilihan) tersebut. Jadi sebenernya kegiatan kemarin bukan hanya untuk anggota BEM FISIP (Undip), tapi seluruh mahasiswanya karena sudah ada undangan terbuka sebelumnya.” jawab Tasya kepada tim LPM OPINI hari Selasa (21/3).

Harapan untuk kedepannya, ketua RW terpilih dapat menjembatani hubungan FISIP dengan Kelurahan Rowosari yang merupakan Desa Mitra FISIP agar berjalan dengan lancar dan memiliki hubungan yang lebih erat. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa FISIP yang ingin belajar di ranah sosial politik juga dapat mengaplikasikan serta mempelajari ilmunya secara langsung melalui kegiatan yang dilakukan di masyarakat.

 

Teks: Finky Ariandi

Foto: BEM FISIP Undip

Editor: Audita Widya Pinasthika

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *