Atas Dasar Kemanusiaan, Organisasi Islam Undip Adakan Aksi Bela Suriah

Semarang – Beberapa organisasi Islam Undip mengadakan Aksi Bela Suriah pada Minggu (9/4) di Car Free Day (CFD) Simpang Lima Semarang. Acara ini dihadiri oleh beberapa organisasi seperti Insani, FKMM (Forum Keluarga Mahasiswa Muslim) FISIP Undip, Izzati FT Undip, KAMMI dan lain-lain. Acara yang berlangsung dari pukul 06.00 – 08.00 WIB ini mendatangkan respon yang positif dari partisipan maupun pengunjung CFD sendiri.

Eka Wahyuni selaku SekDep (Sekretaris Departemen) Koordinator Aksi Bela Suriah tersebut menjelaskan bahwa alasan diadakan aksi ini dikarenakan Suriah tengah dihebohkan dengan berita-berita yang beredar di sosial media sekarang ini, dimana Suriah menjadi korban atas bom yang menggunakan bahan kimia. Jika merujuk kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), hal tersebut tidak boleh dilakukan. Selain itu, Eka juga melihat masyarakat yang terkadang sering acuh tak acuh mengenai Suriah, tak sedikit pula dari masyarakat Indonesia yang kurang bijak dalam melihat dan menggunakan sosial media itu sendiri.

Rangkaian acara yang diselenggarakan dalam aksi tersebut yaitu pembukaan oleh lembaga-lembaga terkait, teatrikal, arak-arakan serta penggalangan donasi. Adapun mengenai pemilihan tempat, Eka sendiri memaparkan bahwa alasan memilih Simpang Lima sebagai lokasi acara karena target dari acara ini sendiri adalah untuk masyarakat luas, bukan hanya sebatas mahasiswa saja.

“Yang pertama itu kalo misalkan kita di kampus, kan ini lagi hectichecticnya UTS yah, kalo di logika gak mungkin gitu ketika kita ada aksi kayak gini malah nanti kita gak ada massa gitu, gak ada yang perhatian ke kita. Kalo mahasiswa kan emang mereka udah ini yah, udah paham, tapi kan kalo masyarakat itu belum. Makanya selain kita penggalangan dana kita juga pencerdasan terhadap masyarakat, biar masyarakat itu tahu ternyata saudara kita yang ada di Suriah itu sekarang ini sangat membutuhkan kita selain doa.” jelas Eka.

Terdapat acara lain yang dilakukan selain aksi ini, salah satunya adalah akan diadakannya penggalangan donasi yang dikhususkan untuk warga Undip sendiri. Pelaksanaannya sendiri akan dilaksanakan di minggu yang akan datang, serta nantinya dana tersebut akan disalurkan ke Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) agar nantinya dapat disalurkan kepada pihak Suriah.

“Aksinya bermanfaat sih, mereka udah berani menyuarakan sesuatu demi orang lain, yang datang juga banyak. … Kesan aku selama disana ya cukup positif, maksudnya mereka udah bersungguh-sungguh dan udah mau turun ke lapangan buat menyuarakan aksi buat saudara kita yang disana. Secara gak langsung aku termotivasi kedepannya untuk lebih peka lagi terhadap isu-isu terkait hal seperti itu. Kalau pesannya sih ya untuk kedepannya mereka tetap kayak gini gitu loh, mereka melakukan aksi jangan hanya sebatas untuk isu-isu yang terkait tentang ini, tapi nantinya aksi yang mereka lakukan gak sebatas isu-isu tentang agama aja. ….” ucap Rahmy, salah satu peserta yang turut hadir dalam aksi bela Suriah.

 

Teks & Foto: Annisa Rizky F.

Editor: Audita Widya Pinasthika

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *