Tak Sangka Terpilih sebagai Mawapres I Undip, Gianina Anggap Sebagai Amanah dari Undip

Semarang – Ajang pemilihan mahasiswa berprestasi Universitas Diponegoro (Undip) kembali dilaksanakan. Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis (5-6/04) ini telah menobatkan Gianina D. Pamungkas sebagai Mawapres I Undip 2017. Awalnya mahasiswi Fakultas Kedokteran ini mengaku merasa tidak percaya ketika dipanggil untuk dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi 2017. Menurutnya, dengan terpilih menjadi Mawapres bukan hanya sekedar menyandang gelar, mengingat harus maju dan mewakili Undip di tingkat nasional dan bersaing dengan ratusan universitas untuk masuk ke 15 besar.

Gianina mengungkapkan bahwa ketika menjadi mahasiswa baru, dirinya memang ingin menjadi Mawapres, berawal ketika tahun 2014 yang kala itu dia bertemu salah satu Mawapres di suatu event sehingga membuatnya termotivasi menjadi mawapres.

“Ketika kita men-set goal kuliah menjadi Mawapres, kita akan ikut kegiatan semua tuh inshaAllah akan balance gitu, organisasinya jalan, akademiknya jalan, terus lomba-lomba juga jalan.” ujar Gianina saat ditemui di Gedung A FK Undip (18/4).

Tahun sebelumnya pada saat Pemetaan (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) di Undip berlangsung, Gianina sudah pernah mengikuti kegiatan Pemetaan tersebut dan terpilih menjadi juara 2 di tingkat universitas sehingga tahun ini Gianina mendapatkan free-pass untuk langsung maju ke tingkat universitas bersama salah satu temannya yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. Proses yang dilalui memang tidak singkat, normalnya tahap pertama yang dilalui berawal dari jurusan dengan IPK, KTI, ringkasan KTI berbahasa inggris dan 10 piagam serta penghargaan terbaik yang dimiliki mahasiswa. Setelah itu menuju ke tingkat fakultas dengan menguji dari semua jurusan. Akhirnya akan diseleksi kembali untuk maju ke tingkat universitas.

Tak jauh dari prestasinya sekarang ini, Gianina juga pernah meraih Gold Asian Young Inventor Exhibition-Competition Malaysia dan Gold International Young Inventor Awards (IYIA) Indonesia. Sejumlah organisasi pernah juga diikutinya, seperti Staf Bidang Riset Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM FK) Undip, lalu menjadi Ketua Bidang Riset BEM FK dan tahun ini tengah menjabat sebagai Ketua Divisi bagian Penelitian Multi Center di Badan Analisis Pengembangan Ilmiah Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia. Gianina juga berpesan pada seluruh mahasiswa Undip bahwa penting untuk mahasiswa dalam menemukan passion, dan apapun passion itu pasti dapat menjadi prestasi.

 

Teks: Lilis Nosiva R.

Foto: Narasumber

Editor: Audita Widya Pinasthika

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *