Semarak Hari Kartini Melalui Pesta Karya

Semarang – Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April, peringatan tersebut ditujukan untuk mengenang tokoh Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan emansipasi dan hak perempuan Indonesia. Berkat sosok figur pahlawan kelahiran Jepara tersebut, hingga kini banyak penerus bangsa yang mengagumi dan meneruskan perjuangannya.

Para mahasiswa pun begitu antusias untuk menyemarakan Hari Kartini tersebut melalui berbagai ragam kegiatan maupun event. Tak lain adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (BEM FIB) Undip yang mengadakan sebuah Pesta Karya dengan mengusung tema “Pesona Wanita Kartini Berbudaya”. Event ini dilaksanakan Jumat (21/04) di Crop Circle FIB Undip mulai pukul 15.00 WIB.

Didalam event Pesta Karya ini terdapat beberapa kegiatan, yakni lomba orasi, lomba debat, dan pemilihan Kartini FIB. Peserta Pesta Karya ini sendiri meliputi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya saja, namun penonton Pesta Karya bersifat umum.

“Tujuan acara Pesta Karya ini yang pertama merupakan momen untuk memperingati Hari Kartini, kemudian yang kedua yaitu sebagai wadah untuk berkumpulnya semua mahasiswa FIB dari berbagai program studi yang ada untuk menunjukan solidaritas antar mahasiswa.” Ujar Nursawiji, selaku penanggung jawab event Pesta Karya.

Beberapa kegiatan didalam event Pesta Karya ini pun memiliki tujuan masing-masing. Seperti lomba pemilihan Kartini FIB memiliki untuk menguji wawasan pengetahuan mahasiswa, kemudian lomba debat dan orasi ditujukan untuk menguji dan meningkatkan iklim politik di kalangan mahasiswa FIB.

“Kali ini adalah acara Pesta Karya kedua setelah tahun kemarin yang memiliki konsep tentang seni. Disini kita ingin menekankan bahwa perempuan itu tidak hanya bekerja di dapur saja dan menunjukan bahwa perempuan itu kuat serta memiliki skill yang bisa mengambil alih pekerjaan laki-laki.” ujar Tiara selaku penanggung jawab acara dua dan selaku Ketua BEM FIB Bidang Sosial Politik.

Para peserta pun terlihat begitu antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan meskipun sempat terkendala oleh hujan deras. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para “kartini” muda tersebut.

“Pesta Karya ini sangat menarik buat saya, acaranya seru dan bisa buat menyatukan antar mahasiswa se-FIB. Soalnya jarang banget kumpul semuanya kalau tidak ada event seperti ini. Apalagi lombanya bagus untuk menggali potensi mahasiswi yang biasanya gak kelihatan di hari-hari biasa seperti saya ini. Saya sangat berterimakasih kepada BEM FIB yang telah menyelenggarakan event sekeren ini.” Ujar Ardia Garini, mahasiswa Sastra Inggris selaku peserta lomba pemilihan kartini di Pesta Karya.

 

Teks: Bella Yunita

Foto: BEM FIB Undip

Editor: Audita Widya Pinasthika

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *