Atas Dasar Kesatuan Rakyat Indonesia, Aksi 1000 Lilin Diadakan di Semarang

Semarang – Pada hari Jumat (12/5) lalu Kota Semarang mengadakan Aksi 1000 lilin untuk warga Indonesia. Acara yang berlangsung dari pukul 18.00 hingga selesai ini mampu mendatangkan warga Semarang untuk berkumpul dan menyuarakan pendapatnya di Taman KB. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa komunitas, yang diantaranya ialah Elsa Semarang, LBH Semarang, Rumah pelangi, Journalist Creative, dan lainnya

Setiawan Budi, selaku penanggung jawab Aksi 1000 Lilin menjelaskan bahwa tujuan dari diadakannya Aksi 1000 lilin sendiri ialah guna menyambung persaudaraan juga mengajak warga Semarang untuk mengingatkan akan pentingnya persatuan dan kesatuan khususnya antar umat beragama. Mengenai acara, aksi tersebut dilakukan oleh persaudaraan lintas agama, lembaga sosial dan agama, perwakilan dari setiap agama, serta lainnya. Adapun mengenai kegiatan, Setiawan sendiri memaparkan bahwa kegiatan tersebut diperuntukkan khusus untuk warga Semarang dan umumnya ditujukan kepada semua umat beragama.

Tulisan yang terpampang pada saat aksi 1000 lilin berlangsung di Taman KB, Kota Semarang

Adapun alasan menjadikan Taman KB sebagai lokasi acara ialah dikarenakan panitia melihat lokasi tersebut letaknya cukup strategis dan terletak ditengah kota. Saat ditanya mengenai harapan setelah diadakannya aksi ini, Setiawan berharap kerukunan antar umat beragama Semarang bisa terus terjaga juga pemerintah harus bisa bersikap untuk lebih tegas lagi terkait hal tersebut.

Ya harapannya kerukunan antar umat beragama di kota Semarang ini bisa tetap terjaga, kota Semarang tetap kondusif, kemudian kepada Pemerintah juga berani bersikap lebih tegas kepada kelompok-kelompok yang mengatasnamakan agama yang berupaya merongrong persatuan dan kesatuan.” tegas Setiawan

Frezy, salah satu pengunjung acara mengatakan bahwa alasan terjun dan mengikuti aksi tersebut ialah dikarenakan ingin memberikan dukungan secara moril kepada koh Ahok serta menginginkan Indonesia untuk tetap menjadi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Saat ditanya mengenai harapan, ia berharap Indonesia mampu menjadi NKRI yang seutuhnya juga mengerti akan keadilan.

Ya saya berharap pengennya Indonesia tetap menjadi NKRI yang selama ini ada, tidak terpisah-pisah. Terus ya saya berharap Indonesia lebih mengerti dengan yang namanya keadilan, terus ya saya berharap acara tadi gak hujan sih, biar acaranya bisa lebih baik lagi.” ucapnya saat ditemui di Taman KB Semarang.

 

Teks: Annisa Rizky F.

Foto: Annisa Rizky F.& Lilis Nosiva R.

Editor: Audita Widya Pinasthika

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *