Setelah Tiga Tahun, Kotak Kosong Kembali Hadir Di Pemira Fisip 2017

Semarang – Mahasiswa FISIP kembali dihadapkan dengan pilihan kotak kosong dalam Pemira FISIP 2017. Verifikasi berkas Senator dan pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM FISIP 2017 yang diselenggarakan Rabu (1/11) lalu, meloloskan semua peserta yang mendaftar. Poin menarik pada Pemira FISIP kali ini adalah kembali terjadi aklamasi, di mana hanya ada satu  pasang calon ketua dan wakil ketua BEM FISIP 2017 yang lolos, Chrecencya E. dan Beni Sanjaya. Ketua EC, Septian Tri Baskoro Adi, mengungkapkan bahwa sebelumnya ada calon yang digadang-gadang akan maju pada perhelatan Pemira FISIP 2017 menemani pasangan Chrecencya E. Dan Beni Sanjaya. Namun, calon tersebut tidak mendaftar karena alasan tertentu.

“Sebenarnya kita akan membuat sosialisasi, seperti yang tadi dikatakan Ace (dalam verifikasi berkas) bahwa mereka  memilih kotak kosong pun tidak masalah,  karena itu suatu perwujudan dari partisipasi politik. Mereka tidak datang ke TPS juga adalah suatu partisipasi politik, bahwa mereka menolak adanya Pemira di FISIP. Kita pasti akan menyosialisasikanbagaimana mereka juga boleh memilih kotak kosong jika tidak berkenan dengan calon yang telah lolos verifikasi.” ungkap Baskoro.

Lebih lanjut, Baskoro menjelaskan bahwa  nantinya di samping kotak nomor urut satu akan ada kotak kosong  yang bisa berbentuk kotak, gambar atau simbol. Ketika kotak kosong menang dari pasangan calon nomor urut satu, maka akan diberlakukan mekanisme selanjutnya baik musyawarah atau pendaftaran ulang.

Aklamasi pada Pemira FISIP juga terjadi tiga tahun lalu, mahasiswa diberi pilihan untuk memilih kotak kosong pada Pemira 2014. Saat itu, kotak kosong bergambar jeruk menjadi pesaing tunggal Misbachul Munir yang maju tanpa membawa wakil.

 

Teks & Foto: G.N. Elsitra

Editor: Husna Fadhila H

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *