Jalan Santai Sembari Ajak Masyarakat Menghargai Perbedaan

Semarang – Pada Minggu pagi, (26/11) event jalan santai yang bertemakan “Damai Itu Nyata” mengajak masyarakat untuk menghargai perbedaan yang ada di masyarakat, baik dalam bentuk budaya atau agama. Acara yang diadakan oleh AIESEC Universitas Diponegoro ini memiliki semangat kebhinekaan seperti yang tertuang dalam pancasila, yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu yang diperlihatkan dalam tagline “Aku tahu aku berbeda, tapi damai itu nyata”.

“Belakangan ini di Indonesia kan sedang, apa namanya, sering terjadi isu-isu seperti perbedaan, bentrok karena beda pendapat, budaya, dll. … Jadi, kita organisasi yang membuat acara yang menunjukkan bahwa Kota Semarang itu bisa dijadikan sebagai kota yang menjunjung tinggi toleransi dan perdamaian. Kurang lebih seperti itu. Saling menghargai lah.” kata Driantam, Koordinasi Divisi Acara.

Event jalan santai yang memiliki jalur dari Jalan Pahlawan dan memutari kawasan Simpang Lima. Mereka membagikan mawar putih kepada masyarakat yang sedang menikmati jalan santai di sekitar bundaran simpang lima. Respon masyarakat pun positif dengan memberikan acungan jempol kepada mahasiswa/i Undip dan organisasi-organisasi pemuda Semarang yang turut ikut andil dalam event ini.

Pemuda yang akrab disapa Drian ini, memiliki harapan bahwa acara ini dapat menjadikan masyarakat sadar betapa pentingnya toleransi dan perdamaian yang ada di masyarakat. Ia juga mengungkapkan bahwa acara ini tidak langsung berdampak besar pada pola pikir yang berada di masyarakat yang kadang masih bersifat terpecah-belah. Tetapi, Drian berharap event ini dapat menimbulkan kesadaran dalam diri sendiri karena itulah yang paling penting dan dapat menimbulkan efek besar dalam toleransi di masyarakat.

 

Teks & Foto: Nyoman Bagus W.

Editor: Audita Widya Pinasthika

Redaktur Pelaksana: Finky Ariandi

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *