PMB FISIP 2018: Kita Satu FISIP

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro kembali menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2018/2019. Diberitakan sebelumnya, fakultas oranye ini menerima lebih dari 600 mahasiswa baru yang berasal dari lima departemen atau jurusan yang ada di FISIP.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah dilaksanakan pembukaan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2018, masing-masing fakultas juga akan melakukan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Untuk PMB FISIP sendiri, dimulai pada Selasa (7/8) dan berakhir Sabtu (11/8) yang bertempat di kampus FISIP Undip.

Pada PMB tahun ini terdapat banyak kegiatan baru seperti UPK Roadshow yang dibagi hanya dalam dua kelas besar, Tour de FISIP, pembentukan mozaik FISIP, hingga longmarch menuju Stadion Undip saat penutupan ODM pada Minggu (12/8).

Perubahan dan penambahan kegiatan tersebut diharapkan dapat merekatkan hubungan lima departemen yang ada di FISIP agar tidak terkotak-kotakkan di departemen masing-masing dan merasa satu FISIP.

“Tahun ini yang ditekankan itu satu FISIP-nya. Bahkan dari panitia adain pensi gabungan dari kelima jurusan, berusaha gimana caranya mereka tidak terkotak-kotakkan. Terus di tahun ini ada mozaik, yang bertujuan agar mereka punya karya yang dihasilkan bersama,” jelas Safriska Desna, selaku ketua PMB FISIP 2018.

Ia mengaku bahwa perubahan-perubahan yang ada pada PMB tahun ini disambut baik oleh fakultas. “Alhamdulillah, untuk tahun ini didukung banget dari fakultas.” jawabnya saat ditanya mengenai tanggapan fakultas terkait PMB tahun ini. “Alhamdulillah dananya juga full dari fakultas,” sambungnya.

Meski PMB FISIP tahun ini terlihat lancar, namun ada tantangan tersendiri yang dihadapi panitia, seperti menjaga kelancaran dan keselarasan acara dari hari pertama hingga hari terakhir, mengingat kegiatan ini berlangsung selama beberapa hari dan melibatkan banyak pihak, terutama dari universitas, fakultas, dan mahasiswa baru sendiri. Tidak hanya itu, dengan mengusung tema Satu FISIP, panitia juga bertanggung jawab untuk menyatukan kelima departemen yang tentunya memiliki ego masing-masing.

Namun, panitia cukup berhasil mengajak mahasiswa baru FISIP untuk saling membaur tanpa terkotak-kotak oleh departemen masing-masing. Hal ini terbukti ketika inaugurasi pada Sabtu (11/8) yang menampilkan penampilan gabungan dari kelima departemen dan tidak terlihat suasana persaingan antar-departemen saat inaugurasi berlangsung.

“Untuk maba (mahasiswa baru) FISIP, selamat datang dan selamat berproses di FISIP. Harapannya, semoga maba 2018 bisa jadi representasi yang baik dan membanggakan untuk FISIP. Berprestasi di akademik, non akademik, bahkan organisasi di luar sana, bisa selalu reket se-angkatan dan walaupun atas nama jurusan tapi tidak lupa bahwa mereka berdiri di atas nama fakultas,” pungkas Safriska.

 

Ikhsanny N. Ishlah

lpm opini

Lpm Opini adalah lembaga pers mahasiswa Universitas Diponegoro khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lpm Opini berdiri sejak 23 April 1985 Isi dari web ini adalah tentang Undip dan Fisip serta Berita seputar Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *